asuransi jiwa

Pentingnya Asuransi Jiwa Untuk Anda

Posted on

Kesehatan merupakan salah satu hal utama yang diperhatikan oleh masyarakat. Dengan memiliki kondisi tubuh yang prima atau sehat membuat orang dapat beraktivitas dengan baik. Kesehatan memang menjadi kunci utama Anda untuk dapat melakukan kegiatan sehari-hari entah itu bekerja, sekolah, ataupun yang lainnya. Maka dari itu untuk menunjang jika suatu saat Anda mengalami suatu hal tidak diinginkan, Anda dapat mendaftarkan diri atau keluarga Anda asuransi jiwa. Sampai saat ini asuransi memang banyak diminati oleh banyak orang. Banyaknya jenis-jenis asuransi di Indonesia yang menawarkan asuransi kesehatan, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi umum, asuransi bisnis, asuransi kendaraan dan masih banyak lagi. Dengan adanya berbagai jenis asuransi yang ditawarkan membuat banyak orang tidak perlu khawatir lagi akan hal-hal atau kejadian buruk yang akan menghampiri mereka.

Asuransi sendiri ialah suatu istilah yang digunakan sampai saat ini untuk tindakan, system ataupun bisnis untuk perlindungan atau sering disebut ganti rugi akan kejadian-kejadian yang tidak terduga. Sebenarnya prinsipnya hampir sama seperti menabung. Namun, jika saat menabung Anda dapat mengambil uang Anda sesuka hati Anda dan dapat menabung kapan saja. Berbeda dengan asuransi yang pembayaran dan pengambilan tidak boleh sesuka hati Anda. Uang pada asuransi hanya akan diberikan saat Anda mengalami kejadian-kejadian yang tidak terduga. Dan uang asuransi tersebut tidak serta merta hanya dipakai untuk Anda namun juga memutar kepada semua member yang bergabung disuatu asuransi tersebut. Dengan adanya program asuransi ini menyebabkan bayak orang dapat menabung untuk dirinya jika ada suatu kejadian tidak terduga. Entah itu kematian, kerugian, untuk biaya sekolah anak, ataupun yang lainnya. Asuransi memang memiliki banyak sekali tujuan yang didapatkan seperti dibawah ini.

  1. Memberikan bantuan kepada nasabah dalam menjaga uangnya untuk digunakan saat nasabah dalam keadaan sulit atau tak terduga
  2. Sebagai suatu tabungan yang khusus digunakan hanya untuk keperluan mendesak saja seperti halnya kematian yang tidak dapat direncanakandan dating tiba tiba.
  3. Untuk memberikan ganti rugi kepada pihak korban apabila mengalami kejadian yang tidak terduga seperti halnya kecelakaan atau yang lainnya. Dsb
Artikel Menarik:  Layanan Aki Motor Bergaransi NS Battery untuk Pengguna

Dengan adanya asuransi khususnya untuk asuransi jiwa untuk kehidupan memang membuat banyak orang lebih santai dalam menjalani hidupnya. Walaupun begitu Anda juga harus mengetahui prinsip kerja dalam asuransi tersebut supaya Anda dapat mengetahui juga bagaimana uang asuransi Anda dipergunakan.

  1. Insurable Interest – Kepentingan untuk Diasuransikan

Prinsip ini ialah suatu prinsip mengenai kepentingan atau barang apa yang akan diasuransikan. Barang yang akan diansuransikan harus jelas dan pastinya legal dan layak untuk diasuransikan. Dengan telah diasuransikan barang tersebut membuat barang tersebut saat mengalami kerusakan, musibah atau yang lainnya akan mendapat ganti rugi dari pihak asuransi yang telah Anda daftarkan.

  1. Utmost Good Faith – Iktikad Baik

Prinsip ini ialah suatu prinsip mengenai iktikad baik seorang nasabah dalam atau saat akan menganjukan suatu yang akan diasuransikan. Jadi seorang penanggung harus memberikan informasi yang jelas dan detail mengenai suatu yang diasuransikan tersebut. Prinsip untuk asuransi yang satu ini intinya memberitahukan resiko-resiko yang akan ditanggung.

  1. Proximate caus (Kausa Proximal)

Inti dari prinsip ini ialah perkiraan yang harus dipikirkan atau dipertimbangkan dahulu oleh pihak asuransi ketika akan memberikan atau mengeluarkan asuransinya kepada penanggung. Untuk prinsip ini ialah dana yang diberikan pihak asuransi harus disurvey dulu dengan musibah yang terjadi dan disesuaikan dengan biaya yang dibutuhkan misalnya untuk ke rumah sakit atau yang lainnya.

  1. Indemnity – Prinsip Ganti Rugi

Untuk prinsip yang satu ini yaitu pihak penggung jawab harus memberikan atau menyediakan uang ganti rugi sesuai dengan keuangan pihak penanggung sebelum mengalami suatu musibah. Misalnya jika terjadi musibah yang menimpa sang penanggung maka uang ganti rugi yang diberikan sesuai dengan tagihan yang telah dibayarkan.

  1. Subrogation – Prinsip Pengalihan Hak
Artikel Menarik:  Situs URL Shortener Terbaik Dan Membayar Termahal

Prinsip asuransi jiwa ini ialah  pengalihan hak dari tertanggung ke penanggung  jika seorang penanggung telah membayarkan ganti rugi kepada di tertanggung tetsebut.

Itulah beberapa prinsip asuransi khususnya asuransi jiwa yang harus Anda ketahui. Berbagai macam asuransi yang dapat Anda daftarkan untuk keluarga Anda atau diri Anda sendiri akan membuat Anda merasa lebih aman dan percaya diri untuk melakukan suatu hal. Biasanya yang paling banyak diikuti ialah asuransi jiwa. Asuransi ini banyak yang meminati karena asuransi ini menyangkut nyawa seseorang yang tidak tau kapan akan diambil oleh Yang Maha Esa. Ada satu lagi asuransi yang banyak diikuti ialah asuransi pendidikan. Sebenarnya banyak orang yang mengikuti asuransi pendidikan ini untuk anaknya sama halnya dengan asuransi jiwa karena mereka juga berpikiran jika suatu saat mereka meninggal dan anak-anak nya masih sekolah maka mereka tidak perlu khawatir akan masa depan anaknya.