Kapan waktu terbaik untuk melakukan USG?

Kapan waktu terbaik untuk melakukan USG?

Posted on

AQIQAH JOGJA BALQIS – Kapan waktu terbaik untuk melakukan USG? Seberapa sering USG dilakukan saat hamil? Ini adalah pertanyaan yang sangat populer bagi keluarga yang sedang bersiap untuk memiliki bayi. Untuk membantu Anda dalam hal ini, kami berikan beberapa informasi yang sangat berguna di bawah ini.

Kapan waktu terbaik untuk melakukan USG?

Setelah sekitar 7-8 hari, sel telur baru dibuahi pindah ke rahim ibu; Lalu perkembangan perkembangan embrio. Periode ini akan dihitung sebagai minggu pertama kehamilan (minggu 1).

Biasanya, prosedurnya berlangsung sebelum jadwal yang dijadwalkan beberapa hari. Setelah tertunda 7-10 hari, embrio berada di rahim dan bersarang di sana (implantasi). Jika Anda menggunakan tes kehamilan, Anda bisa tahu apakah Anda hamil atau tidak.

Namun, masih perlu menunggu beberapa minggu sebelum pemindaian ultrasound, karena jika ultrasound terlalu dini tidak diketahui apakah sedang hamil atau tidak.

Kapan pertama kali melakukan USG?

Waktu ideal untuk ultrasound pertama adalah 7-10 minggu. USG ini akan membantu:

  • Konfirmasi kehamilan atau tidak hamil, tunggal atau kehamilan multipel.
  • Periksa posisi janin (baik di rahim atau tidak).
  • Penentuan usia kehamilan, denyut jantung bayi.
  • Periksa ukuran janin, evaluasi pertumbuhan secara keseluruhan.
  • Pemeriksaan umum rahim, saluran tuba dan ovarium.
  • Jika ibu mengalami kehilangan darah, dia bisa mengetahui penyebab dan letak perdarahan.

Meski detak jantung bisa terdeteksi awal 5-6 minggu, bagaimanapun, tidak semuanya. Harap tunggu setidaknya 7 minggu sebelum ultrasound untuk memastikannya.

Bagaimana USG bekerja untuk test kehamilan?

Ada 2 cara untuk melakukan 7 minggu kehamilan ultrasound, satu adalah melalui perut dan yang lainnya adalah melalui vagina. Ultrasound melalui vagina akan menghasilkan gambar dan suara yang jernih, paling akurat.

Artikel Menarik:  Gejala Anak Alergi Susu dan Cara Mengatasinya

Jika ultrasound melalui vagina, salah satu ujung detektor akan ditempatkan di vagina sang ibu. Gelombang suara melewati serviks dan rahim dan hasilnya kembali.

Dengan ultrasound melalui perut, ibu perlu memiliki banyak cairan untuk mengisi kandung kemih. Bila penuh, ia bisa mengangkat rahim keluar dari panggul, sehingga embrio baru bisa terlihat lebih jelas.

 

Dalam minggu-minggu mendatang, janin terus tumbuh lebih besar, rahim membesar dan tidak perlu membiarkan kandung kemih terisi air.

Apa Hasil Ultrasound untuk pertama kalinya

Embrio akan diukur dari atas sampai paha. Panjang rata-rata embrio pada minggu ke 7 adalah 5-12mm. Bobot rata-rata adalah 1g.

Pada titik ini, bayinya seperti kacang polong, terlalu kecil untuk dilihat. Struktur umum seperti kepala dan batang pada dasarnya dapat dilihat.

Bayi tidak bergerak banyak, gerakannya tergolong ringan. Detak jantung rata-rata bayi Anda adalah 90-110 bpm. Kemudian berangsur-angsur naik menjadi 150-160 bpm di tahap selanjutnya.

Penjelasan untuk detak jantung bayi lebih tinggi dari pada ibu karena jantung perlu bekerja lebih keras untuk memompa oksigen ke otak dan seluruh tubuh; Tingkat pertumbuhan janin sangat cepat dibandingkan orang normal.

Ada banyak alasan mengapa hasil ultrasound tidak 100% akurat walaupun peralatan ultrasound adalah yang terbaik dan diperiksa oleh dokter berpengalaman. Karena:

  • Plasenta bisa bergerak dalam posisi yang sulit untuk mendapatkan ultrasound.
  • Setiap janin adalah individu yang terpisah, memiliki karakteristik dan perkembangan warisan mereka sendiri.
  • Kesehatan ibu juga mempengaruhi ultrasound

Jika Anda pergi ke ultrasound 7 minggu tanpa mendengar detak jantung janin, tunggu 1-2 minggu sebelum melanjutkan tes USG.

Semoga artikel ini membantu Anda mengetahui ” Kapan waktu terbaik untuk melakukan USG?” untuk memilih waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan USG pertama. Jangan terburu-buru terlalu dini, Anda hanya menyia-nyiakan waktu dan uang, tapi tidak bisa mengetahui hasilnya pastinya.