Link Building SEO Blog/Website

Link Building SEO Blog/Website

Posted on

Link Building begitu perlu untuk SEO Situs (blog)! ” Itu yaitu statemen yang benar-harus diteriakkan oleh saya terkait dengan usaha penambahan SEO situs (blog)/situs, argumennya sich kelak saja, terakhir. haha.

Link Building SEO Blog/Website
Link Building SEO Blog/Website

Jadi, Apa itu link building?
Link building yaitu sistem untuk buat serta tingkatkan jumlah serta kwalitas inbound link, yakni link yang menghadap ke satu halaman situs (blog)/situs.
Kenapa dikerjakan sistem itu? Karna makin tingi jumlah serta kwalitas link yang menghadap ke satu halaman situs (blog)/situs, makin tinggi juga popularitas serta visibilitasnya. Dalam hubungannya dengan SEO, ranking satu halaman bisa bertambah bersamaan dengan meningkatnya popularitas serta visibilitas itu. Artikel baru dari satu situs (blog) yang sudah popular di mata search engine akan cepat terindeks serta cepat mempunyai SERP yang baik.

Oke sebelumnya kajian tentang link building diarahkan lebih jauh, kita mengerti dahulu apakah itu sesungguhnya ” link “. Link yaitu connector (penghubung) pada dua halaman situs, baik dari satu halaman paling utama (homepage) ataupun dari satu sub halaman ke sub halaman yang lain (post/article page). Link adalah sisi dari navigasi situs yg tidak bisa dipisahkan. Link yang sekian dikatakan sebagai internal link.

Lantas, ada juga external link, yakni link satu halaman situs yang ada di halaman situs yang beda, atau demikian sebaliknya. Jadi contoh, saat anda mensubmit artikel ke website direktori artikel serta memberikan link artikel situs/situs (blog) anda, jadi ada koneksi yang tersambung dari halaman direktori ke halaman artikel anda lewat link itu.
Dengan hal tersebut, sudah terang kalau link building juga bermakna membuat link baik dengan internal (internal linking) ataupun dengan eksternal (external linking).

Baca Juga : 9 Plugins SEO Yang Wajib Anda Install

Internal linking bermakna membuat navigasi untuk satu webiste/situs (blog) didalam situs/situs (blog) tersebut. Makin baik internal linking, makin baik juga navigasinya untuk pengunjung ataupun di mata search engine. Asumsinya, pengunjung bisa dengan gampang mencari artikel yang dikehendaki serta terkait. Reference (rujukan) dari satu halaman ke halaman yang beda tunjukkan ada keterikatan satu isi keduanya. Diluar itu, search engine bisa dengan gampang memetakan link-link yang berada di dalam situs/situs (blog).

Artikel Menarik:  Apa itu PA / DA dan Bagaimana Cara Menaikkannya

Eksternal linking yaitu usaha untuk membuat reference dari satu situs (blog)/situs beda lewat link yang menghadap ke situs (blog)/situs spesifik. Ada reference ini tunjukkan kalau isi satu halaman situs/situs (blog) itu perlu di mata situs/situs (blog) beda. So, makin banyak serta berkwalitas eksternal link yang menghadap, makin perlu juga halaman situs (blog)/situs itu. Search engine lalu memandangnya jadi popularitas serta visibilitas satu halaman situs/situs (blog), oleh karenanya dia lantas menambah ranking-nya didalam halaman search engine (SERP). Lalu, karna link halaman itu direferensikan banyaknya situs (blog)/situs yang mempunyai nilai perlu serta mempunyai keterikatan yang baik di mata search engine (berkwalitas), jadi search engine (Google) menghadiahi halaman itu dengan PageRank.

Nah, di sini bermakna kita telah tiba pada SEO (Search Engine Optimization) serta cukup beralasan telah kenapa link building itu perlu. So, bagaimana lakukan sistem link building yang baik untuk SEO? Dari apa yang sudah sedikit dibicarakan diatas, kita kenali kalau prasyarat link yang baik mesti penuhi sebagian persyaratan serta bukan sekedar tergantung dari jumlahnya tetapi juga mutunya, yakni bersumber dari situs/situs (blog) yang credible (dapat disimpulkan jadi situs (blog)/situs yang ber-PageRank lebih tinggi), terkait (mempunyai tema/topik yang sama), serta memiliki kandungan anchor text yang sesuai sama.

Tersebut panduan untuk lakukan link building yang baik :

A. Internal linking :

1. Buat navigasi-navigasi yang memiliki kandungan link-link situs (blog) serta memudahkan pengunjung.
2. Tanamkan link satu halaman menulis beda didalam menulis spesifik sesuai sama anchor text serta kata kunci (keyword) yang terkait. Ini mempermudah pengunjung untuk mengerti satu hal yg tidak diterangkan di satu halaman menulis situs (blog) tetapi diterangkan di halaman yang lain.
3. Jauhi link kedalam halaman situs (blog) beda yang memakai redirect link, karna search engine tidak mempertimbangkan redirect link. Tersebut kenapa saya tidaklah terlalu banyak memakai widget yang memakai redirect link. Satu dua widget sich tidak jadi masalah, tapi janganlah semua. Widget-widget eksternal umumnya memakai javascript yang lakukan generating feed dari yahoo pipes, RSS/atom feed, ajax, dan sebagainya yang hasilkan redirect links.

Artikel Menarik:  Apa Itu Backlink ? Bagaimana Cara Membuat Backlink ?

B. Eksternal linking :

Eksternal linking bisa dikerjakan dengan adanya banyak langkah, ekstrimnya sampai pada jual beli link (buy sell links), spam dan sebagainya. Tetapi saya akan tidak mengetengahkan beberapa cara itu di sini. Terkecuali karna tidak sempat serta tidak mempunyai pengalaman mengenai beberapa cara itu, Google juga telah memberi warning-nya dalam Guidelines Google tentang Quality Kontent. So, di sini kita juga akan belajar tentang link building dengan alami didalam organic SEO
Yang perlu dipahami terlebih dulu yaitu tentang link yang memiliki loabel dofollow serta nofollow. Link yang memiliki kandungan ” rel=nofollow “, juga akan diabaikan jadi reference yang berkwalitas oleh Google, walau masih tetap terhitung jadi back link. Tag itu dipakai karna banyak situs spam yang diindeks oleh Google serta merugikan banyak situs beda yang berkwalitas tetapi kalah dalam SEO. Sedang Yahoo serta sebagian search engine beda tidak memerhatikan ini. Tersebut kenapa kita bisa dengan gampang mendapakan beberapa puluh ribu back link Yahoo, sedang untuk memperoleh 1 back link saja dari Google susahnya 1/2 mati. Diluar itu, Google juga memerhatikan kwalitas serta keterikatan anchor text dari situs/situs (blog) beda yang memberi back link.

So, di bawah ini beberapa langkah basic untuk membuat eksternal link :

1. Submit situs (blog) ke direktori serta social bookmark. Prioritaskan direktori serta social bookmark yang dofollow.

2. Blogwalking memanglah ampuh jadi fasilitas untuk membuat link. Berkomentarlah dengan meninggalkan link yang menginginkan anda optimalkan serta isi nama komentator dengan anchor text yang menginginkan dimaksimalkan. Lagi, untuk back link Google, prioritaskan pada beberapa blog dengan comment dofollow.

3. Yakinkan mempunyai artikel yang original serta bukanlah contekan hingga anda dapat memperoleh linkback dari situs/situs (blog) beda yang mereferensi atau meng-copy artikel situs (blog) anda. Bila ada yang copy-paste tanpa ada linkback/link sumber, yakinkan untuk memohonnya. Tersebut kenapa saya begitu mengutamakan ada link sumber pada artikel saya yang di-copas, ini untuk kebaikan dengan. Karna sekali Google ketahui satu artikel yaitu contekan, jadi dia juga akan turunkan ranking SERP-nya serendah mungkin saja, atau bahkan juga menghapus dari indeks hasil pencarian.

Artikel Menarik:  9 Plugins SEO yang wajib anda install di WordPress

4. Cermati betul-betul pemakaian anchor text pada link (hyperlink) yang ditinggalkan sesuai sama tujuan kata kunci (keyword) yang menginginkan dimaksimalkan di search engine, umpamanya pada situs (blog) ini saya memakai ” panduan-tricks blogger ” jadi kata kunci (keyword) yang tengah dimaksimalkan.

6. Link eksternal termasuk juga link-link dari dalam situs (blog) yang menghadap ke situs/situs (blog) beda. Memberi link back pada bebrapa website dengan kredibilitas serta rank yang baik dapat juga memberi nilai lebih di mata search engine. Jauhi berikan link pada bebrapa website yang mempunyai kredibilitas jelek, umpamanya situs spammer, auto kontent, agregator, search engine situs (blog), situs (blog) yg tidak mempunyai original kontent, serta bebrapa website sampah yang lain karna ini bisa turunkan pouplaritas satu situs/situs (blog). Kita tidak bisa mengontrol siapa yang memberi back link ke situs (blog)/situs kita, tapi kita bisa mengontrol serta memerhatikan siapa yang kita berikan back link.

7. Untuk beberapa blog baru, maksimalkan terlebih dulu link halaman paling utama (homepage) untuk menguatkan otoritas serta popularitasnya.

Terkecuali beberapa cara diatas, anda bisa membuat link dengan umpamanya jadi guess blogger (jadi penulis tamu di situs (blog) beda), tetapi untuk memulainya, saya lebih mengutamakan pada beberapa cara itu diatas. Menjaga situs (blog) bukan sekedar dengan menggunakan saat dengan situs (blog) saja tanpa ada ” berkelana ” ke dunia luar, karna banyak pelajaran serta faedah yang dapat di ambil termasuk juga dalam usaha tingkatkan SEO situs (blog) lewat link building.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *