Apa Itu Google Sandbox

Posted on

Untuk kita beberapa yang memiliki satu situs ataupun situs (blog) pasti juga akan begitu terasa sedih, kecewa, serta geram bila berlangsung suatu hal pada situs/situs (blog) kita, tak tahu itu trafficnya menyusut, page rank turun, terkena hack atau virus, serta beda sebagainya. Tapi tahukah Anda sekalian, kalau nyatanya ada ancaman beda yang cukup membahayakan untuk situs atau situs (blog) kita?

Apakah Anda sempat mendengar atau tahu tentang Google Sandbox? Menurut satu diantara situs (blog) SEO luar, pengertian dari Google Sandbox yaitu :

Google’s “sandbox, ” a filter the search quality tim created to help fight spam, is a relic of days gone by. – Rand Fishkin

Yang bermakna, satu filter pencarian yang di ciptakan oleh tim Google untuk memberantas spam. Satu diantara ciri paling utama situs (blog) atau situs yang terserang filter GS (Google Sandbox) yaitu hilangnya atau tidak timbulnya artikel-artikel yang telah Anda bikin walau dahulunya artikel itu keluar di mesin pencarian.

Merugikan? Pasti begitu. Ini adalah satu diantara momok atau bencana yang begitu tidak dikehendaki oleh beberapa yang memiliki situs (blog) ataupun situs di semua dunia.

Apa Itu Google Sandbox

Penyebab Google Sandbox

Terlebih dulu kita sudah mengetahui apakah itu Google Sandbox, serta saat ini kita juga akan mencari tahu bebrapa penyebabnya paling utama situs atau situs (blog) kita terserang pinalti atau hukuman. Terlebih dulu, ada 2 type GS (Google Sandbox), yang pertama yaitu yang mengincar situs (blog) atau situs kita serta yang ke dua yaitu yang mengincar artikel-artikel spesifik yang berada di situs (blog) ataupun situs kita.

Sedang terdapat banyak penyebabnya artikel situs (blog) atau situs kita terserang Google Sandbox karna tidak cocok dengan Term of Service atau guideline yang didapatkan Google. Tersebut disini penyebab-penyebabnya :

  • Optimalkan Website \ yang over atau terlalu berlebih (tidak cocok persyaratan/ Spamming).
    Satu diantara penyebabnya artikel situs (blog) atau situs Anda terserang Google Sandbox yaitu optimalkan pada artikel itu yang terlalu berlebih atau over (Baca : Janganlah Konsentrasi Mencari Back link). Optimalkan yang ditujukan yaitu optimalkan on page ataupun off page. Umumnya hal semacam ini berlangsung atau menerpa situs (blog) ataupun situs yang masih tetap baru yang menginginkan menguber keword (kata kunci (keyword) yang sangat banyak di situs/artikel). Jauhi hal semacam ini, upayakan untuk lakukan optimalkan yang lumrah serta alami. Walau lama, yang perlu aman dari cengkraman Google Sandbox.
  • Lakukan Ping situs/website (blog) yang terlalu berlebih.
    Upayakan janganlah sangat banyak lakukan ping untuk situs atau situs (blog) Anda. Karna bila sangat banyak lakukan ping juga akan dipandang annoying oleh Google. Diluar itu submit URL yang sangat banyak pula punya potensi buat situs Anda terserang blacklist. Upayakan lakukan ping 1 – 3 kali sepanjang satu minggu atau yang menurut Anda lumrah.
  • Artikel yang copy paste/duplicate kontent.
    Google begitu membenci duplicate kontent maupun artikel yang copy paste percis dari sumbernya. Bila Anda menginginkan buat artikel untuk situs ataupun situs (blog), upayakan gantilah artikel itu supaya tidak serupa dengan artikel yang diambil sumbernya. Tulis ulang dengan kalimat Anda sendiri untuk hindari pelanggaran copy paste ini (Baca : Persyaratan Artikel yang Berkwalitas) Diluar itu bila ada duplicate kontent (content yang sama) di situs ataupun situs (blog), upayakan untuk menggantinya atau merubahnya agar tidak percis sama.

Tersebut bebrapa penyebabnya paling utama situs atau situs (blog) Anda yang terserang Google Sandbox, upayakan supaya Anda tidak lakukan hal-jal ini bila tidak mau artikel atau situs Anda tidak terindeks sekali lagi di mesin pencari.

Apa Itu Google Sandbox

Baca Juga : Link Building SEO

Langkah Keluar dari Google Sandbox

 

Lalu apakah kita dapat keluar dari cengkraman Google Sandbox?

Jawabannya yaitu dapat! Bila situs atau artikel situs (blog) kita masuk kedalam Google Sandbox, kita dapat juga keluar dari hukuman ini.

Bagaimana langkahnya?

Bila Anda menginginkan keluar dari penjara Google Sandbox, jadi Anda mesti lakukan beberapa hal di bawah ini :

  1. Sunting/ubah artikel-artikel yang Anda anggap‘bermasalah’. Bila Anda rasa artikel di situs atau situs (blog) Anda sangat banyak menguber kata kunci (keyword) atau banyak link yang ‘aneh’, hal pertama yang perlu Anda kerjakan yaitu dengan mengedit artikel-artikel ini serta menghapus beberapa kata kunci (keyword) itu.
  2. Kerjakan optimalkan SEO on page serta off page yang relevan dengan topik situs atau artikel situs (blog) Anda.
  3. Hapus serta ganti broken link pada artikel situs (blog) ataupun situs Anda.
  4. Submit ulang situs atau situs (blog) Anda ke Google Search Console (dulunya GWT atau Google Webmaster Tools) dengan maksud supaya Google bisa lakukan perayapan kembali pada situs ataupun artikel pada situs (blog) Anda.
  5. Minta Google untuk meninjau kembali (reconsideration request) situs atau situs (blog) Anda serta tunggulah balasannya.

Tersebut beberapa cara yang sangat mungkin situs ataupun artikel pada situs (blog) Anda dapat keluar dengan selamat dari cengkraman Google Sandbox. Umumnya situs Anda juga akan bebas sesudah 2-3 hari menanti (tidak instant).

Bila menginginkan ketahui apakah situs Anda terserang Google Sandbox atau tidak, cukup gampang untuk dikerjakan. Ada 2 langkah yang dapat Anda gunakan, yakni dengan manual serta dengan pertolongan tools. Untuk langkah manual, Anda cukup pergi ke Google.co.id serta ketikan site : http :// www. namawebsiteanda. com/serta click search. Bila situs Anda keluar atau terindeks oleh mesin pencari dapat disebutkan aman dari cengkraman Google Sandbox, tapi seandainya tidak keluar apa-apa jadi situs/situs (blog) Anda terserang hukuman pinalti.

Sedang untuk langkah ke-2 yaitu dengan pertolongan tools. Telah banyak tools yang ada untuk mengetahu apakah situs ataupun situs (blog) Anda terserang Google Sandbox atau tidak. Satu diantara tools yang ada atau cukup populer yaitu Piksel Groove. Tinggal copy serta paste link situs/situs (blog) Anda serta click cek jadi Anda telah bisa ketahui akhirnya.

Mudah-mudahan artikel mengenai Google Sandbox ini bermanfaat untuk Anda. Mudah-mudahan menolong serta menaikkan pengetahuan Anda tentang SEO di Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *